Tahukah Anda, Siapakah Penemu Kertas?


Kertas merupakan sarana untuk menuangkan apa yang kita ingin tulis. Bayangkan jika kita hidup di jaman sebelum ada kertas. Kita harus menulis pada buku yang berbahan bambu, atau bahkan di atas batu dan dinding gua. Tentu sangat merepotkan. Dengan ditemukannya kertas kita lebih mudah dalam tulis menulis karena kertas sifatnya ringan dan harganya pun terjangkau.

Tapi, tahukah Anda siapa penemu barang yang kini menjadi “warisan” dunia itu? Ternyata dia adalah Tsai Lun, yang terlahir pada masa pemerintahan Dinasti Han. Ia adalah seorang pegawai negara pada pengadilan kekaisaran. Pada tahun 89 Masehi, Tsai Lu diangkat sebagai sekretaris kerajaan. Pekerjaan itu membuat Tsai Lun selalu berhubungan dengan tulis menulis. Sebelum Tsai Lun menemukan kertas, umumnya di China media tulis menulis terbuat dari bambu dan bahan sutra. Buku bambu ini cukup berat sehingga tidak nyaman jika dibawa-bawa. Sedangkan buku berbahan sutra, harganya sangat mahal sehingga diterbitkannya sangat terbatas.

Inilah yang mendasari Tsai Lun ingin mencari alternatif untuk menulis. Pada sekitar tahun 105 Masehi, ia kemudian mencari-cari berbagai alternatif bahan yang lebih terjangkau dan praktis dibawa ke mana-mana.

Setelah memutar otak, akhirnya Tsai Lun menemukan ide untuk membuat kertas dari kulit pohon murbei. Kertas buatan Tsai Lun diolah dengan cara merendam bagian kulit murbei. Setelah direndam, kulit murbei dipukul-pukul hingga seratnya lepas. Bersamaan dengan kulit, direndam juga bahan rami, kain bekas, dan jalan ikan. Setelah menjadi bubur, bahan tersebut ditekan hingga tipis dan dijemur.

Hasil penemuan kertas ini dipersembahkan Tsai Lun kepada Kaisar Han Ho Ti. Konon, kaisar sangat senang dengan penemuan ini. Sejak itu, kertas temuan Tai Lun digunakan di China dan dikenal dengan “kertas dari Bangsawan Tsai”.

Penemuan kertas ini membuktikan bahwa sebuah kesulitan jika disikapi dengan optimis justru akan membawa kebaikan. Tsai Lun yang hanya berupaya menemukan cara menulis pada media yang lebih praktis dan murah, ternyata kini justru mampu mewarisi dunia dengan penemuan yang luar biasa.

2 Tanggapan to “Tahukah Anda, Siapakah Penemu Kertas?”

  1. napa inform na sempit xxxx… mgkin bisa lebih dari inue….. n inform na membwt banyak orang kepengeeeeeeen bca hsil krja nue… ank SMA lg bljar ttg inform nue lhooo…..

  2. bwt yang lbh bguz lagi ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: